Senin, 25 Maret 2013

Kasus 4.1 meet04

Cetaklah bilangan 1 sampai 4

flowchart:

 C++ :
#include <iostream>
#include <string>

using namespace std;
int main()
{
   int a;

   a=1;
   while (!(a>4))
   {
      cout << a << endl;     
      a =a+1;
   }
   system("PAUSE");
   return 0;
}



kasus 4.4 meet 04

Hitunglah rata-rata dari integer positif (banyak data ditentukan dari data yang dimasukkan).

Flowchart :

Klik gambar untuk perbesar
 C++:

#include <iostream>
#include <string>

using namespace std;

int main()
{
   int n;
   float jumlah, rerata, x;
   n =1;
   jumlah =0;
  
   cout << "Masukkan data ke-1 = ";
   cin >> x;
   while (!(x<0))
   {
      jumlah =jumlah+x;
      cout << "Masukkan data ke-"<< (n+1) <<" = ";
      cin >> x;
      n =n+1;
      rerata =jumlah/(n-1);
      cout << "Rata-ratanya adalah = " << rerata << endl;   }
   system("PAUSE");
   return 0;
}



Refleksi ALPRO Meet 04

REFLEKSI ALPRO MINGGU KE 04
Tidak saya sangka kuliah ALPRO sudah berjalan 4 minggu. Tinggal 3 minggu lagi UTS(Ujian Tengah Semester) akan mulai. Di minggu ini pak Wahyu  datang sedikit terlambat dari bisanya, Beliau datang sekitar pukul 06.59 AM. Tidak seperti biasanya Beliau datang lebih cepat dari mahasiswa sekitar jam 6 lewat Beliau sudah datang..

Di pertemuan minggu ke 4 ini kami membahas mengenai PERULANGAN. Pak Wahyu langsung memulai dengan skenario yang ada. Di minngu ini tidak ada mahasiswa yanhg lupa bawa diktat dan laptop karena pada minggu ketiga pak Wahyu menyuruh setiap mahasiswa membawa laptop kalau tidak akan disuruh keluar tidak boleh mengikuti matakuliah ALPRO.
Sesuai skenario pak Wahyu langsung menyuruh kita untuk menggabung 2 kelompok. Kelompokpun telah terbagi dan pak wahyu menyuruh kita untuk memilih salah satu sebagai ketua kelompok dan menyuruh dua orang untuk observasi tentang PERULANGAN yang terjadi setiap hari di lingkungan kampus, sedangkan sebagian anggota di suruh mengerjakan kasus-kasus di pertemuan ke 4. Setelah beberapa saat kemudian dua orang anggota kelompk kami menyelesaikan observasinya.
Adapun hasil observasi sbb:
           1. Orang menyapu lantai,algoritma :
      •   Ambil sapu
      • Menyapu lantai
      •  Lantai bersih
          2. Burung terbang,algoritma :
      •  Mengepakan sayap
      • Terbang
      •  Landing
           3. Naik tangg,algoritma :
      • Naik anak tangga pertama
      •  Terus berulang-ulang
      • Sampai anak tangga teratas
         4. Orang berjalan,algoritma :
      •  Langkah pertama
      •   Berulang-ulang
      •  Jarak berkurang
      •   Sampai tujuan   
    5. Orang bernafas, algoritma :
      •  Menghirup oksigen
      • Diproses di paru-paru
      •  Mengeluarkan karbondioksida

Dari hasil observasi ini bisa disimpulkan bahwa Perulangan adalah proses yang digunakan untuk melakukan perulangan yang memiliki kondisi awal dan menghasilkan output dengan jumlah tertentu jika kondisi terpenuhi . 
Saran dan kritik :
minggu ini kuliah cukup memuaskan karena tidak hambatan, unutk pak Wahyu semoga bisa memberikan lagi motivasi kepada mahasiswa, karena sebagian mahasiswa ada yang masih takut untuk kuliah alpro..
 



kasus 4.6 faktorial meet 04

Menghitung faktorial :

Flowchart :

Klik gambar untuk perbesar
C++:

#include <iostream>
#include <string>

using namespace std;
int main()
{
   int n;
   int i;
   int faktorial;

   cout<<"masukkan bilangan = ";
   cin >> n;
   faktorial =1;
   i =1;
   while (!(i>n))
   {
      faktorial =faktorial*i;
      i =i+1;
   }
   cout << faktorial << endl;
   system("PAUSE");
   return 0;
}



latihan 3 pertemuan 4



[Sentinel] Buatlah algoritma untuk menentukan nilai terkecil, terbesar, dan jumlah semua bilangan positif yang dimasukkan.


Flowchart  :

Klik gambar untuk perbesar
 C++ :


#include <iostream>
#include <string>

using namespace std;
int main()
{
   int mx;
   int n;
   int mn;
   int x;
   int jumlah;

   n =1;
   mn =2;
   mx =0;
   jumlah =0;
   cout<<"Masukkan nilai ke-1";
   cin >> x;
   mn =x*mn;
   while (!(x<0))
   {
      if (x>mx)
      {
         mx =x;
      }
      else
      {
      }
      if (x<mn)
      {
         mn =x;
      }
      else
      {
      }
      jumlah =jumlah+x;
      n =n+1;
      cout << "Nilai terkecil = "<<mn << endl;     
      cout << "Nilai terbesar = "<<mx << endl;     
      cout << "Jumlah semua bilangan = "<<jumlah << endl;     
      cout<<"Masukkan nilai ke-"<<(n+1);
      cin >> x;
   }
   system("PAUSE");
   return 0;
}



Latihan ke 2 pertemuan 4



Hitunglah nilai dari : 

 Flowchart :

Klik gambar untuk perbesar

C++:

#include <iostream>
#include <string>

using namespace std;
int main()
{
   int hasil;
   int n;
   int i;

   cout<<"Masukkan n = ";
   cin >> n;
   i =2;
   hasil =1;
   while (!(i>n))
   {
      if (i % 2==0)
      {
         hasil =hasil-(1/i);
      }
      else
      {
         hasil =hasil+(1/i);
      }
      i =i+1;
   }
   cout << "Hasil-nya = "<<hasil << endl;
   system("PAUSE");
   return 0;
}




Latihan 1 pertemuan ke 4



Buatlah algoritma dan program untuk mencetak bilangan yang habis dibagi 3 dan 5 antara 1 sampai dengan 100. 

Flowchart  :  

Klik gambar untuk perbesar
 C++:

#include <iostream>
#include <string>

using namespace std;
int main()
{
   int a;

   a =1;
   while (!(a>100))
   {
      if (a % 3==0)
      {
         cout << "habis dibagi 3 = "<<a<<"" << endl;      }
      else
      {
         if (a % 5==0)
         {
            cout << "habis dibagi 5 = "<<a<<"" << endl;         }
         else
         {
         }
      }
      a =a+1;
   }
   system("PAUSE");
   return 0;
}




kasus 4.8meet04

Hitunglah a x b dengan metode penjumlahan.

flowchartnya :

Klik gambar untuk perbesar

C++:

#include <iostream>
#include <string>

using namespace std;
int main()
{
   int a;
   int b;
   int i;
   int jumlah;

   cout<<"Masukkan nilai a = ";
   cin >> a;
   cout<<"Masukkan nilai b = ";
   cin >> b;
   i =1;
   jumlah =0;
   while (!(i>abs(b)))
   {
      jumlah =jumlah+a;
      i =i+1;
   }
   if (b<0)
   {
      jumlah =-jumlah;
   }
   else
   {
   }
   cout << a<<" x "<<b<<" = "<<jumlah << endl;
   system("PAUSE");
   return 0;
}

 



kasus 4.7 meet 04



Hitunglah nilai dari   xy  dengan x bilangan real dan y bilangan bulat.

Flowchart : 

Klik gambar untuk perbesar
C++:

 #include <iostream>
#include <string>

using namespace std;
int main()
{
   string raptor_prompt_variable_zzyz;
   int x;
   int y;
   int i;
   int pangkat;

 
   cout<<"Masukkan x bilangan real = ";
   cin >> x;
   cout<<"Masukkan y bilangan bulat = ";
   cin >> y;
   i =1;
   pangkat =1;
   while (!(i>y))
   {
      pangkat =pangkat*x;
      i =i+1;
   }
   cout << x<<" pangkat "<<y<<" = "<<pangkat << endl;
   system("PAUSE");
   return 0;
}



kasus 4.3 meet04



Carilah rata-rata dari n bilangan bulat positif.

Flowchart :



 

C++:
#include <iostream>
#include <string>

using namespace std;
int main()
{
   int n;
   int nilai;
   int a;
   double rerata;
   int jumlah;

   a =1;
   jumlah =0;
   cout<<"Masukkan banyaknya nilai = ";
   cin >> n;
   while (!(a>n))
   {
   cout<<"Masukkan nilai ke- "<<a<<endl;
      cin >> nilai;
      jumlah =jumlah+nilai;
      a =a+1;
   }
   rerata =jumlah/n;
   cout << "Rata-ratanya adalah = "<<rerata << endl;
   system("PAUSE");
   return 0;
}